Minggu, 11 Desember 2011

G-Market, E-Commerce yang masuk di Indonesia


E-Commerce (Elektronic Commerce) atau biasa disebut dengan Perniagaan Elektronik adalah kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen, manufaktur, service providers dan pedagang perantara dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer yaitu internet. Mengapa melalui internet? Hal itu disebabkan karena internet sekarang populer, banyak digandrungi oleh masyarakat, dan berbagai macam kemudahan yang diberikan internet.


E-Commerce sekarang sedang booming di kalangan masyarakat. Mereka mulai membuka berbagai macam bisnis melaui E-Commerce, salah satunya adalah Gmarket. Gmarket adalah sebuah pemasaran menggunakan E-Commerce dengan banyak seller di dalamnya dan kita juga bisa memilih kepada seller mana kita membeli barang. Pemilik dari Gmarket sendiri adalah eBay.co.kr (Korea), yang sekarang menjadi leading e-commerce marketplace. Gmarket kini sudah hadir di beberapa negara, seperti Singapura dan Indonesia.

Jika beberapa online-shop yang sebelumnya pernah saya jumpai menggunakan aplikasi Facebook dan Twitter sebagai media penjualan dan promosi, Gmarket menggunakan aplikasi Official Website. Official website itu berbeda sesuai dengan negara yang sudah terdapat Gmarket, seperti http://gmarket.co.kr/, http://www.gmarket.co.id/gmarket.com.sg dan menggunakan desain web yang sederhana namun disukai oleh pengunjung Gmarket. Secara tampilan website-website tersebut terlihat hampir sama, namun harga dari barang yang ada, sudah dalam bentuk mata uang dari masing-masing negara, seperti kalau di indonesia dalam bentuk rupiah.



Untuk pemesanan juga terjadi di official website dari Gmarket itu sendiri, tidak dari facebook atau media lain. Unuk melakukan pembelian di Gmarket, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama buka official website tersebut, kita harus registrasi akun di website Gmarket, setelah selesai, kita cari barang apa yang kita cari dan tekan “Buy”, Keluarlah rincian harga dari barang tersebut dan muncul pilihan negara dan kita harus memilih di negera mana kita tinggal, lalu kita diminta untuk mengisi sebuah form (nama, alamat dll), isi data dari credit card (bisa menggunakan paypal), konfirimasi pesanan (rincian harga belanja kita), dan selesai. Gmarket bekerjasama dengan EMS untuk pengiriman barang di berbagai negara.

Untuk Gmarket di beberapa negara selain Korea, menggunakan facebook dan twitter dalam kegiatan promosi. Namun untuk Gmarket Korea, hanya menggunakan official website, karena aplikasi twitter dan facebook kurang diminati dan dipercaya di Korea. Jadi dengan hanya ada official website sebagai satu-satunya media pemesanan/pemasaran di Gmarket, maka tingkat kepercayaan, dan kualitas lebih dipercaya.


Itulah penjelasan Singkat saya tentang salah satu penggunaan E-commerce dan aplikasi yang digunakan. Jadi jika anda sekalian suka berbelanja barang-barang di Online shop, coba saja berbelanja di G Market, teman saya sudah pernah mencoba dan lumayan puas dengan hasil yang di dapat. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar