Selasa, 20 Desember 2011

PRESTATIF, AKTIF, TANGGAP, KRITIS, VISIONER, DAN TANGGUNG JAWAB (PATRIOT)




Kita hidup di dunia ini adalah sebagai seorang Khalifah yang berarti wakil yang memegang kekuasaan namun masih dalam batasan-batasan tertentu. Manusia menjadi khalifah untuk mewujudkan kemakmuran di bumi sebagaimana amanah yang diberikan Allah kepada kita. Kita melakukan segala sesuatunya murni karena Allah, untuk mengelola, mendayagunakan, dan memelihara semua yang ada di bumi ini untuk kepentingan hidup. Jika kita ingin menjadi seorang Khalifah yang baik dan benar,   selain ilmu Agama, ada beberapa hal yang harus diperhatpikan agar kita tidak salah melangkah dan bisa menjadi seorang yang bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa. Sifat-sifat itu adalah prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner dan tanggung jawab.


Prestatif adalah perilaku untuk selalu maju disegala bidang dan juga untuk berprestasi. Sikap ini harus dimiliki seseorang agar ia bisa melangkah kedepan. Siapa yang tidak ingin bisa dan maju dibanyak bidang? Siapa yang tidak ingin beprestasi diberbagai bidang yang diminati? Pasti semua orang menginginkannya. Namun tak semudah itu bisa mendapatkan prestasi yang diinginkan. Butuh perjuangan dan kerjakeras yang tinggi. Selain itu dibutuhkan niat untuk maju dan mengahasilkan prestasi. Jika tidak ada niat, maka prestasi yang diinginkan tak mungkin bisa diraih. Dan tak lupa, prestasi yang didapat tidak membuat kita lupa diri. Prestasi yang kita dapat harusnya berguna untu kita dan orang lain. Dengan prestasi dan kelebihan-kelebihan kita, kita bisa berbagi pengetahuan dengan orang lain untuk kemajuan bersama.

Aktif adalah sikap lincah. Lincah dalam melakukan sesuatu, berbuat sesuatu dan mengahasilkan sesuatu. Aktif bertanya dan mencari tahu tentang informasi dan teknologi yang tiap harinya semakin berkembang. Kita tidak bisa begitu saja menerima apa yang ada dan mengikuti alur, dalam artian pasif. Kita bisa ketinggalan dengan perkembangan-perkembangan yang ada dan ketinggalan dengan orang-orang yang jauh lebih aktif dari kita. Bagaimana kita mau memelihara bumi ini jika kita tidak aktif mencari tahu dan mencari ilmu yang bisa digunakan untuk memelihara bumi ini? Selain aktif bisa diwujudkan dengan kreatifitas. Kita harus kreatif. Dengan ide-ide luar biasa kita, kita bisa aktif menghasilkan sesuatu yang berguna bagi diri sendiri dan banyak orang.

Tanggap adalah peduli, mengetahui dan memahami lingkungan sekitar. Tanggap dengan apapun di sekitar kita dan  tanggap dengan perubahan yang terjadi. Jika kita tidak tanggap dengan sekitar maka kita akan tertinggal dengan lain dan buta terhadap sesuatu. Artinya kita tidak tahu apa-apa dan tidak berbuat apa-apa. Buat apa kita berilmu jika kita tidak tanggap dengan sekitar kita? Seperti contohnya kalau kita tidak tanggap dengan segala teknologi yang ada, maka kita kalah dengan yang lain yang menggunakan perkembangan teknologi agar dirinya maju. Dan kalau kita mempunyai suatu kelebihan namun tidak tanggap dengan linkungan sekitar yang terbatas kemampuannya, maka ilmu yang didapat itu rasanya percuma saja.          

Kritis. Kita harus mampu berpikir kritis dalam mengahdapi sesuatu. Karena jika lingkungan pikirankita sempit, kita bisa menyelesaikan sebuah permasalahan. Permasalahan yang ada itu, tidak hanya permasalah yang ringan-ringan saja tapi juga ada yang kompleks dan membutuhkan suatu pemikiran yang luas dan kritis. Jika tidak bisa berpikir kritis, masalah-masalah itu akan terbengkalai dan kita malah bisa berbuat kerusakan. Apakah anda sekalian mau sampai seperti itu? Tentu saja tidak.

Visioner adalah berpikir jauh kedepan tanpa adanya batasan. Mampu mengambil peluang dalam setiap kesempatan yang ada. Tidak takut dengan segala macam tantangan yang muncul di depan mata. Dengan adanya pemikiran yang visioner, maka kita bisa menjadi seorang yang kreatif yang mampu memanfaatkan sesuatu disekitar kita untuk suatu kebaikan. Pikiran yang tanpa batas itu memunculkan berbagai macam ide untuk kemajuan kita. Dan saat kita sudah memulai kekreatifitasan kita, kita tidak takut dengan segala rintangan dan tantangan yang ada. Kita percaya diri mengahadapinya. Dan dengan mempunyai sifat visioner seorang bisa memajukan bangsa dan negara ini.

Tangggung jawab adalah kesadaran kita dalam berbuat entah itu disengaja maupun tidak. Apakah kita sadar dengan apa yang kita perbuat? Apakah kita mampu mempertanggung jawabkannya? Kita harus mampu bertanggup jawab terhadap sesuatu. Sebagai contoh, kita sudah diamati untuk menyampaikan pesan kepada orang. Dengan begitu, kita harus mampu bertanggu jawab dengan amanah yang sudah diberikan juga bertanggung jawab dengan isi yang harus disampaikan. Jangan takut untuk bertanggung jawab terhadap sesuatu. Sebenarnya itu mudah asal kita mau, niat dan berusaha dalam bertanggung jawab. Tapi yang harus diingat, kita tidak boleh lari dari tanggung jawab, karena siapa saja yang lari dari tanggung jawab atau tidak mempertanggung jawabkan segala perbuatannya, maka ia hanyalah seorang pecundang. Seorang yang tidak bisa berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Sekarang tugas kita adalah mampu menanamkan semua sifat itu, mampu mensinergiskan dan mampu mengaplikasikannya. Sifat-sifat itu bermanfaat dan penting bagi kita. Dan sebelum kita menanamkan seutuhnya dalam diri kita, mari kita perbanyak pengetahuan kita. Dan setelah itu mari kita membangun jiwa yang prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner dan tanggung jawab untuk kemajuan kita bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar