Senin, 08 Juli 2013

[My Life Diary] Korea in Surabaya Part 3

Me and Depo
Hai hai chingudeul~~long time no see you all kekeke. Akhirnya liburan juga. Sebenernya uda lama liburnya. Cuma masi mager buat nulis. Maunya nontonin video aja bwahahaha :p. So now, i comeback! Yeaahh! Aku membawa beberapa postingan neh. Aslinya aku ga ada rencana buat ngepost ini, karena ada hal lain yang mau aku post. But, karena ternyata kejadian beneran, so aku pos ini dulu keburu lupa hahaha.

Jadi, yang kali ini akan kubahas adalah..... darararara~~~ Korean Day Part 3 wohoooo~ finally ada waktu juga untuk nyobain makanan korea lagi :3. Untung juga lagi punya duit *ceritanya habis nagih utang* dan pumpung libur + sebelum puasa, jadi apa salahnya nyobain makanan korea. Uda mau setahun looo ga Korean Day *sobs*. Kali ini pesertanya adalah, aku Depo Tia dan Sovi *Akhirnya full team. emang cuma ini kan membernya* hahahaha. Kita ga nyobain resto baru, karena temanya bukan coba-coba resto baru, tapi dalam rangka kepengen makan karena uda lama ga makan masakan Korea *YANG ENAK*, so kita memutuskan untuk mengunjungi tempat yang sudah pernah di kunjungi dan memuaskan hati serta keinginan kita, yaitu Gojumong! Gimana kisah kita kali ini? well, mari disimaaak! Awuuuuuu~~ *edisi promo EXO – Wolf*
Sovi and Mas Ben a.k.a Tia

Baca Part 1 disini Part 2 disini

Hal ini berawal dari keinginan kita untuk Gathering Starlight(?) *soalnya lagi demen-demennya sama VIXX* dan untuk makan masakan korea selepas kita bersedih-sedih, banting tulang, menyiksa laptop, menguras pikiran karena uas dan final project. Tapi karena kita dari dua universitas yang berbeda, jadi kita harus cari waktu dulu yang pas. Sempet give up karna ga nemu jadwal pas, namun tiba-tiba si mas ben a.k.a Tia, ngajak hari Sabtu 130706 buat cus berangkat. Bingung kan tuh mau makan dimana yang enak dan memuaskan, akhirnya kami memutuskan ke Gojumong. Ya, karena berasal dari pengalaman sebelumnya kalo disana enak dan cukup memuaskan baik dikantong dan perut kekekeke. Sok lah kita berangkat kesana *ga perlu cerita juga kan ya kita kesananya gimana :p*
Gojumong

Dalam Gojumong

Sesampainya disana, not changed at all. Tempatnya ga pindah kemana-mana tetep di Jl. Bukit Darmo Boulevard Ruko 2D-2E *ya iyalah menurutmu aja*. Setting tempatnya juga masi sama. Pelayannya pun tetep sama, senyum salam sapa lengkap dengan sapaannya “annyeonghaseyo!” “eosoeoseyo!” yang menggema diseluruh ruangan dan diucapkan semua pelayan baik yang lagi kerja maupun lagi gabut pada setiap tamu yang baru saja datang *gapaham kenapa gini-gini amat -_-*. Suananya ga terlalu rame sih untungnya, kita sampai mungkin sekitar jam 14.00. setelah dapet tempat duduk, duduk, kita langsung disuguhkan dengan minuman gratisss *yeeeyy* yaitu sejenis minuman teh jagung yang dulu pernah kita dapet juga waktu makan disini. Untunglah aku sudah bisa menerima minuman itu sekarang :”). Lalu kita disuguhkan dengan buku menu.
Minuman Gratis : Teh Jagung

Jeng jeng jeng!! Something wrong, something different! Mwoya mwoya?? Yep, ada yang berubah ternyata! Harganya boookk! Melonjak! HAHA! Hampir setahun ga kesini, ternyata mampu merubah harganya. Ckckckck.. beberapa item (apa mungkin semua?) berubah harga! Ga perlu waktu lama buat berkaget ria karena harganya melonjak, kita langsung mencari menu yang kita inginkan yang sepertinya juga naik harga.

Yang kita pesan kali ini tetep seperti pesanan kita saat kesini dulu yaitu Soksoe Wagyu Bulgogi (semacam daging sapi yang di grill di alat grill di meja kita. FYI aja nih, disini menyediakan yang bumbunya less sweet jadi yang ga suka manis atau lagi diet bisa nih pesen yang less sweet), Hae Mul Pajeon (martabak korea, bentuknya kayak dadar gitu, isinya kayaknya paprika, wortel, daun bawang gitu) dan 2 mangkuk Bab (nasi). Itu sih menu makanan utamanya. Yang beda kali ini adalah si mas ben pesen Mul Neng Myun (mie dingin). Ige mwoyaa~~ ga bayangin gimana wujudnya. Katanya sih dikasi es batu gitu. Makan mie, dingin? Cuma disini aku pernah liat dan akan merasakanan nantinya. Karena yang lain ga ada yang minat, jadi mas ben bayar sendiri :p. Kita mah ntar icip-icip aja *kalo kuat* kemudian kami menunggu kedatangan makanan-makanan itu.

Jeng jeeenggg *apa lagi? -_-* yep! Ada lagi nih yang berubah. Side dishnya! Terlihat perbedaan dari yang pertama kali kita kesini. Jika dulu masing-masing orang mendapatkan side dish individu (bisa dilihat digambar), sekarang side dishnya bersifat bareng-bareng. Isinya antara lain dedaunan, dua jenis kimchi, myeolchi (teri) manis, tumis sayur ijo (ga ngerti sayur apaan), tumis sayur campur bakso ikan, potongan telur bacem (?) manis, tumis sayur ijo (gak tau namanya lagi -_-), kimchi pajeon, dan ada sejenis sayuran dimasak pedas (gak tau namanya apa -_-). Ya meskipun bersifat bareng-bareng tapi memuaskan kok. Favorit ku adalah myeolchi manis. Ya meskipun kerasa kayak makan ikan asin, tapi bumbunya enak. Manis gitu. Yang paling nendang adalah kimchi pajeon. Nendangnya bukan karena enaknya, tapi pedesnya. Asli dah pedes. Anak-anak ga ada yang doyan tuh, jadi dengan sekuat tenaga aku menghabiskannya hahahaha.
Side Dish Setahun Lalu_1
Side Dish Setahun Lalu_2

Side Dish Baru_1

Side Dish Baru_2

Tak berapa lama kemudian, Soksoe Wagyu Bulgogi pesanan kami datang. Alat grill yang sudah disiapkan sebelumnya oleh pelayan, langsung digunakan untuk meng-grill daging pesanan kami itu. Mbaknya sih yang nge-grill. Entah kenapa tidak membiarkan kami melakukannya dengan sendiri. Takut gosong kali ya? Hahaha. Setelah matang, pelayan menyajikannya di mangkuk, dan kami berencana untuk menunggu hidangan kami yang lain *makannya nunggu lengkap gitu*. Nah ini ada kejadian lucu. Karena kita mungkin terlihat menunggu hidangan lainnya datang, si pelayan negur kami “makan aja dulu mbak, ntar dagingnya keburu dingin dan kering” initinya gitu. Aaaa iye iyee~~ ntah terlalu lebay apa gimana -_- apa emang ntar dagingnya jadi kering? Kagak ngarti dah, pokoknya kita makan aja dulu hahaah. Rasanya? Enaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk!!! Sudah lama ga makan, rasanya selangit >_< manis nya enaak. Dagingnya lembut. Pokonya enak lah. Porsinya sih lumayan kalo dibagi berempat, kan makannya sama nasi (favorit orang indo). Top markotop lah! Maknyus!
Soksoe Wagyu Bulgogi diGrill

SokSoe Wagyu Bulgogi Sudah Matang

Hidangan berikutnya muncul JREEEENGGG! Pesenan mas ben datang. Mul Neng Myun. Mie dingin. Aku depo sovi cuma bisa, ehem, sweat drop. Mangkuknya gede. Mienya ketutup kuah sama hiasan plating nya. Kuahnya agak terlihat putih dan berbusa. Katanya sih yg bikin kelihatan berbusa itu es batu serutnya. What kind of food is thiiiissss ;A; pelayan langsung memotong mienya dengan menggunakan gunting. Kita mulai wondering, how the taste will be? Kita pun mulai icip-icip, dimulai dari kuahnya. Asli! Dingin! Rasanya sih gurih campur dingin (bayangin aja deh yang gimana gurih kecampur dingin). Dizzy~~ maklum ga pernah nyoba. Tapi kata mas ben enak-enak ajaaaa ga pahaaam -___- Rasa mie nya sih ya kayak mie. Kayak bihun gitu deh. Asli aku nyoba dikit. Takooot~~ tapi mas ben fine-fine sajaa. So, dia harus berjuang dengan sendirinya menghabiskan hidangan itu. Bagi orang Indonesia sih mungkin makanan ini sedikit aneh, tapi bagi orang Korea sana, ini makan yang wajar dan cukup digemari. Mas ben pun berani mencoba karena dulu waktu dia ke Korea makanannya juga ini, so dia ga takut-taku banget nyobainnya. Perhatian, bagi yang belum pernah nyoba, jangan coba-coba deh. Daripada ga kemakan. Mahal loh. Dan bagi yang ga suka coba-coba hal baru, jangan sekali-kali pesen juga hahaha.
Mul Neng Myun

Mul Neng Myun Saat Dimakan
Akhirnya yang kita tunggu tiba. HAE MUL PAJEON~~ porsinya masih sama kok. Tetep banyak. Dan rasanya juga enaaaak :9 akhirnya merasakan pajeon yang rasanya nggenah -_-. Saosnya juga enak. Aahh pokoknya manyus. Dibagi berempat juga cukup kok, ga kekurangan. Hehehe. Pajeon ini favoritku banget. Pengen sih bikin sendiri, tapi ga ngerti caranya lagian rasanya belum tentu enak hahaha. Dari resto korea yang bernah ku coba, pajeon di Gojumong ini memang yang enak. Cukup sebanding lah sama harganya, meskipun harganya naik. Hahaha. Jadi bagi yang berkunjung ke gojumong nanti, jangan lupa cobain pajeon yaa :3.
Hae Mul Pajeon

Setelah makan, makan dan makan, akhirnya habis juga. Daging abis, pajeon abis, minuman ga akan habis karena tetep diisi ulang. Dan tersisalah mi dingin milik mas ben. Tapi, kita belum kenyang. Kami ingin memesan makanan yang lain. Nah di Gojumong ini ada menu baru. Salah satunya tteokpokki. Sebenernya ini makanan yang lumrah. Tapi di Gojumong tergolong menu baru. Dengan harga yang sama dengan Pajeon, kami berekspetasi bahwa porsinya pun akan sebanyak Pajeon. So, kita pesen itu aja. Tteokpokki bikin kenyang juga kok. Waktu menunggu kami gunakan untuk ngobrol, bercanda, dan godain mas ben buat ngabisin mie dinginnya muahahaha. Tak berapa lama  tteokpokki kami datang, dan...................... *jdieeeerrrrrr* diluar ekspektasi kita. Porsinya ga sebanyak Pajeon. Tteokpokkinya diiris panjang-panjang. Ada fish cake juga. Tapi banyak sayurnya. Itu sih bikin eman. Soalnya kita ngincer tteok nya bukan sayur :p. Dari segi rasa sih lumayan. Ga separah dan aneh di tempat lain. Pas lah bisa dibilang. Sayang banget sayur nya ga kemakan *maafkan* 11 12 antara puas dan tidak :v
Tteokpokki
Setelah semua hidangan habis, saatnya menikmati free desert. Kami diberi pilihan, mau iced coffee, ice cream atau apa lagi ya lupa *mian*. Kami memilih ice cream aja, rasa coklat, vanilla, stroberi. Eittss jangan salah. Ini seorang Cuma dapet satu scoop yaa~~. Es krim datang bersamaan dengan hidangan tambahan yaitu buah semangka. Hahaha. Free desert yang lumayan menyenangkan. Es krimnya juga enak kok rasanya. Yummy :9.
Free Desert : Ice Cream
Setelah semua habis, istirahat sebentar, saatny membayaaaar!! FYI aja nih, harga SokSoe Wagyu Bulgogi nya adalah Rp 139.000, Hae Mul Pajeon Rp 99.000, Tteokpokki Rp 99.000, Bab (Nasi putih) Rp 15.000, Mul Neng Myun Rp 79.000, pajak jangan lupa 10%. Nah ada yang bikin heran disini. Ternyata eh ternyata, waktu kita lihat bill, ada sesuatu yang berbeda. Woy, biaya service juga ada wooyy ;A; kena 5% *njaluk tuluuuung*. Jadi hitungannya side dish, free desert, free isi ulang minum tidak sepenuhnya FREE! kita dikenakan biaya untuk segala pelayanan yang telah diberikan. Karena dari beberapa visitor penasaran sama harganya, ini aku kasi detail harganya sama bonus bill dari kita makan kemarin. Keuntungan dari makan ramai-ramai adalah urunannya jadi murah hahaha *evil laugh* meskipun porsi yang didapat tidak sebanyak kalo dimakan berdua, bertiga atau bersedikit *ya iyalah menurutmu aja*. Kemarin, kita masing-masing orang cukup membayar Rp 109.000 (perhitungan tidak termasuk Mul Neng Myun). Dan dengan harga segitu, porsi seperti yang kita makan itu uda kenyang banget kok. Kita semua kekenyangan. Full tank bisa dibilang. Jadi sebandinglah dengan pengeluaran, ga rugi meskipun tteopokki tidak sebanyak yang kita bayangkan. Asli deh kenyang banget ~___~ tepar banget rasanya. Butuh waktu buat perut ini bisa normal kembali *collapse* o<-<
Bill Makan Kami Kemarin Hahahaha
Kesimpulan dari Korean Day part 3 ini adalah, kami makan masakan Korea tidak di tempat baru, tetapi ditempat yang sudah pernah kami kunjungi sebelumnya yaitu Gojumong. FYI aja, harganya naik. So bagi chingudeul yang mau mencoba di Gojumong atau restoran Korea lainnya, siap-siap dengan harganya yang melonjak. Side dishnya berubah dari yang pertama kita kesana. Bisa jadi ditempat lain juga terjadi perubahan, siap-siap saja. Terdapat menu baru di Gojumong salah satunya adalah tteokpokki. Hidangan yang patut dicoba adalah Pajeon. Nyoba grill juga boleh. Yang takut sama coba-coba atau makanan aneh-aneh yang tidak familiar di lidah orang Indonesia, jangan coba-coba Nangmyeon mengingat harganya yang tidak murah dan porsinya yang tidak sedikit. Korean Day part 3 ini puaaaaassssss~ duit masih sisa pula muahahaah*siap-siap beli yang lain*. So, selamat mencoba chingudeul. Semoga menyenangkan, Rekomendasiku tidak salah dan bisa memuaskan hati kalian semua. Sekian postinganku tentang Korean Day Part 3. Sampe ketemu di postingan berikutnya. Bye bye! Ennyeong~~ \^o^


Oh iya, Happy Holiday all ^o^

Sebagai tambahan, karena banyak yang nanya untuk kalian yang domisili di Surabaya dan mencari ol shop yang menjual album Kpop dan beberapa jenis lainnya, bisa coba di instashop instagram.com/yaluhan_shop. Selamat mencoba ^^



3 komentar:

  1. kyaaaaaa foto penutupnya bikin matiiiiii >////<

    BalasHapus
  2. ya ampun leon's ini tak pikir sapaaaa xDD
    cocok kan :3 happy holiday hahahaah :p

    BalasHapus