Kamis, 24 November 2011

Korea in Surabaya

Sudah ada beberapa opini yang saya post-kan di blog ini. Sekarang, saya akan menyajikan sebuah reportase untuk anda semua. Reportase ini tentang beberap restoran Korean Food dan sebuah tempat yang bisa dibilang sebua distrik Korea yang terdapat di Surabaya. Maklum, karena saya adalah pecinta semua tentang Korea, jadi saya dan teman-teman saya banyak mencari tahu tentang tempat-tempat berbau Korea di Surabaya.

Ada empat restoran Korea di Surabaya yaitu Myeong Ga, Mu Gung Hwa, Baik Su, dan Jang Geum. Tetapi baru tiga tempat saja yang sudah saya kunjungi, Myoung Ga, Mu Gung Gwa, dan Baik Su. Ternyata ketiga tempat itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing. Semua akan saya bahas dalam postingan ini. Jadi simak terus hingga selesai.

Baca Korea in Surabaya Part 2 disini Part 3 disini

Restoran yang pertama kali saya dan teman-teman saya kunjungi adalah Myoung Ga. Restoran ini terletak di HR Muhammad (Kunang-Kunang). Tempatnya bisa dilingan eksklusif sekali. Interiornya bagus. Nuansa Korea disini cukup kental dengan adanya tempat duduk khas Korea dan juga sebuah Televisi yang menanyangkan berbagai macam MV penyanyi-penyanyi KPOP yang pastinya sudah sangat familiar. Alat makannya juga khas Korea. Sayang sekali, sumpit di sini masih menggunakan sumpit kayu. Padahal kami berharap di sini menggunakan sumpit khas Korea yaitu berbentuk lebih gepeng dan tidak terbuat dari kayu. Tak lama, pelayan memberi kami free drink yang awalnya kami tidak tahu itu apa ternyata itu adalah green tea. Kami mulai memesan menu. Cukup kaget dengan harganya yang lumayan mahal. Tapi tidak masalahlah. Untuk coba-coba. Kami memesan sup tofu, mie goreng khas korea, dan bulgogi (maaf saya lupa nama Korea dari masakan-masakan ini) serta softdrink. Tak lupa pelayan memberitahu kami jika di dalam menu itu ada babi, jadi kami bisa memilih mnakanan mana yang aman. Setelah selesai memesan, kami menunggu sambio mengobrol dan menikmati MV-MV yang disajikan. Tak lama kami sukses dibuat kaget. Side dish yang disajikan luar biasa! Meja kami mendadak penuh dengan berbagai macam side dish. Bahkan ikan goreng pun menjadi side dish! Kami sempat was was, jangan-jangan ini juga harus dibayar? Ternyata tidak. Hahaha. Yang paling khas diantara side dish adalah KIMCHI! Sayuran fermentasi khas Korea. Rasanya kecut dan pedas namun tidak pahit. Satu persatu makanan datang. Kami rasakan satu persatu dengan kombinasi side dish yang ada. Rasanya enak. Bumbunya terasa. Berbeda sekali dengan masakan khas Indonesia. Merasa kurang, kami memesan satu set menu grill. Mendadak side dish khas grilling datanag dan memenuhi meja kami. Yang khas di set ini adalah berbagai macam dedaunan dalam satu piring yang gunanya untuk dimakan bersama daging. Caranya, setelah daging dibakar, celupkan ke saus, ambil sehelai daun (saya ambil selada), masukkan daging tersebut, tambahkan kimchi, bungkus sekecil mungkin, dan hap sekali lahap. Rasanya luar biasa nikmat! Saya jadi ketagihan. Selesai makan, ternyata masih ada side dish lagi yang keluar, yaitu kue kering. Waahhh luar biasa pelayanan disini. Meskipun sedikit mahal tapi semua itu sebanding dengan rasa dan pelayanan di sini. Apalagi side dishnya.






Sepulang dari Myoung Ga, kami mampir ke seberang jalan, ke sebuah tempat bernama Korean mart. Di sini menjual barang-barang khas Korea. Seperti snack dan es krim. Di sana kami membeli es krim dan ternyata harga murah. Belum tentu kami bisa mendapat harga seperti ini di tempat yang lain. Harga relatif murah namun sayang, tokonya kecil dan barang tidak telalu banyak. Bagaimanapun juga ini luar biasa.

Perjalanan kedua kami berlanjut beberapa kemudian (saya lupa tanggal tepatnya yang jelas setelah tes TOEFL ITS). Kami mengunjungi sebuah restoran Korea yang kabarnya harga makanan disitu cukup terjangkau. Mu Gung Hwa Korean Cafe and Resto, itulah namanya, terletak di Dharmo Park II, sebelah 777, Vida Supermarket dan Ciputraworld. Tempatnya kecil dan tidak terlalu ramai. Bagusnya, makanan di sini relatif murah bahakan kita dapat diskon, dijamin halal, pelayannya ramah, murah senyum, tahu apa yang kita mau,  dan sabar serta ada yang kita cari selama ini, yaitu sumpit khas Korea. Ternyata cukup susah menggunakannya karena kami tidak terbiasa menggunakan yang model begitu. Sayang sekali, suasana korea di sini kurang terasa.Makananya cukup enak, namun sedikit kecewa dengan side dish yang tidak sebanyak di Myeong Ga. Tapi tidak apa, ini adalah pengalaman baru. Satu yang saya suka di sini. Tteokpokkinya enak. Tteokpokki adalah kue beras yang di masak dengan menggunakan saus pedas. Rasanya sangat enak. Cukup puas dengan kunjungan saya di sini. Terimakasih sudah memberi pelayanan yang baik kepada kami. Kami cukup kaget karena beberapa hari yang lalu, kami sempat berkunjung ke sana namun sudah tutup. Tak ada plang nama di sana. Entah tutup biasa atau selamanya.

Lalu perjalanan kami berlanjut pada hari Sabtu tanggal 19 November 2011. Kami menemukan sebuah distrik Korea yaitu di Dharmo Park 1. Di sana terdapat beberapa tempat khas Korea seperti minimarket yang menjual barang Korea, minimarket yang entah kenapa ada tulisan Hangul disana, salon Korea dan tak ketinggalan Restoran Korea. Kali ini dengan nama Baiksu. Suasana korea sangat kental disini dengan tempat lesahan dan kursi khas lesehan serta desain interiornya. Tak lupa, ada TV yang sudah di set dengan TV kabel sehingga bisa menayangkan stasiun TV luar negeri salah satunya adalah KBS (Korea). Pelayanan di sini cukup memuaskan, harganya hampir sama dengan di Myeong Ga. Namun side dish nya tidak sebanyak di Myeong Ga, dan sumpit yang diberikan tidak sumpit khas Korea. Ditambah lagi, Tteokpokki yang kami idam-idamkan ternyata habis. Sedih sekali rasanya. Tapi, pelayan disini ramah-ramah dan sabar. Apalagi kami bisa mendengar berbagai bahasa di sini. Ada bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan tentunya bahasa Korea karena ternyata  ada pengunjung Korea di sana. Selesai makan, kami menuju minimarket korea, Mu Gung Hwa. Stok barang di sini lebih banyak dan lebih beragam. Dan asal tahu saja, ternyata di sini merupakan distributor barang-barang Korea. Jadi jika di tempat lain menjual barang Korea, pasti ada cap Mu Gung Hwa. Satu yang spesial, ternyata di sini menjual Tteokpokki mentah beserta sausnya. Inilah yang kami cari selama ini, karena kami ingin memasaknya sendiri di rumah. Sayang sekali stok waktu itu sudah habis, namun shopkeepernya berkata bahwa di sini pasti ada Tteokpokki dan besok (re: minggu) sudah dikirim lagi. Jadi masih ada harapan untuk memebelinya lain hari. Senang sekali rasanya berhasil menemukan tteokpokki mentah beserta sausnya di Surabaya. Setelah puas berbelanja kami pulang bersama-sama.




Sekian reportase saya mengenai tempat-tempat berbau Korea di Surabaya. Semua tempat pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun saya sangat senang biasa berkunjung ke tempat-tempat itu. Bagi yang mau juga merasakannya, mari ikut bersama saya dan kapan-kapan kita cobas berkunjung. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terimakasih untuk masakannya!

Sebagai tambahan, karena banyak yang nanya untuk kalian yang domisili di Surabaya dan mencara ol shop yang menjual album Kpop dan beberapa jenis lainnya, bisa coba di instashop instagram.com/yaluhan_shop. Selamat mencoba ^^





Credit Photos by: taken by Devita in Ochita's Blog , cityguidekapanlagi.com , detiksurabaya

99 komentar:

  1. macem-macem, tergantung mau pesen apa. hehehe. mulai dari yang murah mpe yang harganya selangit :p haha

    BalasHapus
  2. lhaaah.. orang yang ada difoto dateng satu persatu. hahaha

    BalasHapus
  3. waahh infonya menarik banget ^^ makasi yaa :) jadi tau deh resto korea disini hehe. salam kenal yaa :)

    BalasHapus
  4. waaa salam kenal jugaa ^^ orang surabaya?

    BalasHapus
  5. info nya bagus bgt,,
    berhubung kamis ini saya ingin k sby bisa menjadi pilihan makanan,,
    jongmal kamahamnida..

    BalasHapus
  6. tolong kasih alamta lengkapnya dong.. aq pengen bgt ngrasain makanan korea.. apalagi tteokpokki nya.. ngilerrrrr
    trus tlong kasih tw kisaran harganya dr masing2 tempat donk,, biar bisa siap2 bw uang brp.. paling enggak hrga mknan yg uda pernah dipesen.. makacihh

    BalasHapus
  7. waa makasi uda baca dan buat komentarnyaa ^^
    dan maaf bar8u bisa balas..

    ada beberapa resto.

    yang resto Baik Su ini alamatnya :
    Jl. Mayjend Sungkono Pert. Darmo Park I Blok IVC N Surabaya Barat/Sawahan

    Mu Gung hwa Supermarket alamatnya:
    Jl Mayjend Sungkono Surabaya. Ruko Darmo Park I Blok IIIC no 1-2. tempatnya di sekitar resto Baik Su. belakang2. coba cari aja :)

    yang Myoung Ga :
    Alamat:
    Jl. HR Muhammad
    Surabaya, Jawa Timur (Masuk Kunang-kunang)

    sayangnya yang resto Mu Gung Hwa udah di tutup waktu aku lewat sana. kayaknya uda ga buka lagi :(


    buat kisaran harga sih bervariasi. yang jelas waktu itu aku berempat kesana perorangnya habis 100.000-150.000. Aku ga hapal harga permakanannya. saranku sih jangan bersedikit orang kl makan hehehe.

    selamat mencoba dan semoga kalian puas serta tidak kecewa ^^

    BalasHapus
  8. infonya bagus banget.. kalo super market mu gung hwa alamatnya di mana ya? makasih :)

    BalasHapus
  9. Mu Gung hwa Supermarket alamatnya:
    Jl Mayjend Sungkono Surabaya. Ruko Darmo Park I Blok IIIC no 1-2. tempatnya di sekitar resto Baik Su. belakang2. coba cari aja :)


    selamat mencoba :D

    makasi uda baca dan uda komen :)

    BalasHapus
  10. klo dae jang geum yg di mayjen gmn? kelihatannya mahal :(

    BalasHapus
  11. jang geum ya? kebetulan saya belum pernah kesana..

    denger2 sih mahal, tapi sepertinya hampir setara dengan Myoung Ga.

    sebenarnya saya baru menemuka resto Korea lagi, di jalan kearah mau ke PTC/landmarck. restonya jenis resto grill.
    saya lupa namanya dan juga belum pernah kesana.

    barang kali ada yang mau kesana, boleh dicoba dan mungkin bisa share sekalian disini ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya gojumong
      buat saya ini yang paling cocok
      harganya dengan myoung ga setara
      tapi grill dan servicenya jauh lebih baik
      dicoba aja

      Hapus
  12. Saya pernah ke jang geum, ada tempat tertutup untuk keluarga gitu. Jadi bisa sekalian foto foto dan gak malu ketauan sama pelayan pelayannya. Pelayannya ramah, mau jelasin ttg makanan disana. Rasanya juga enak, harganya tapi lumayan mahal

    BalasHapus
  13. waaa ternyata readers uda ada yang perenah ke jang geum ^^ thanks for sharing~

    waah ternyata di jang geum seperti itu... apa harganya juga sama seperti di myoung ga? :|

    jadi pengen cepet-cepet kesana >,< tapi kapaaan???
    *hikseu*

    BalasHapus
  14. Wah thanks buat sharingnya u/resto2 korea..
    Klo yg baru buka di jalan yg mau ke arah ptc itu korean grill resto namanya "Gojumong".. Blm pernah ke sana sih cmn sering lewat aja :D...

    *imel*

    BalasHapus
  15. waaa makasi chingu uda kasi info nama restonya :)
    aku juga baru diberitau chingu lain nih. ada resto korea lagi di SUTOS.
    namanya Kogyo-korean Grill..

    Ternyata ada bnyak ya.. tp belum sempat telusuri lg nih~

    pada sibuk kuliah *curhat* hahaha

    gomawo readers :)

    BalasHapus
  16. Ableh, km mau pake baju korean style tah?
    hahah sejauh ini aku belum nemu dimana .___.

    ada yang tau mungkin? hahaha

    enak kok makanannya, monggo dicoba :p

    BalasHapus
  17. Aku sih sudah cobain semua restoran korea di surabaya,
    yang aku paling cocok ya gojumong, harganya juga lebih murah
    servicenya baik, cuma ngak enaknya itu ramenya, mending pergi
    weekdays, bener2 diperhatikan kitanya

    BalasHapus
  18. wow di gojumong harganya lebih murah? Jinjja? wow! patut dicoba ini. kebetulan uda ada rencana sama temen-temen buat next trip korean resto in Surabaya.

    okai de makasi buat saran dan masukkannya ^o^ thanks for visit my blog too :D

    BalasHapus
  19. Wah makasih infonya! Oh ya semua restoran di atas ada tteokpokkinya kan? Aku habis nonton Running Man liat mereka mbuat tteokpoki jadi pingin nyoba ahahha.

    Ngomong2 salam kenal :D. Aku juga tertarik sama korea2an dari lagu sampe makanan ahaha. Jarang2 yah cowok suka kpop :(. Aku paling suka lagu2nya B2st :).

    BalasHapus
  20. salam kenal Joshua ^0^

    hehehe sama-sama ^0^ makasi juga uda kunjungin blog ku ini~
    ada kok. Berdoa aja semoga pas kamu kesana, persediaan masih ada :D beli yang di toko Mu Gung Hwa juga ada kok yg mentahan sama bumbunya, jadi kamu bisa masak sendiri ^0^

    waahh ga nyangka nih ketemu fanboy! hehehe jarang sih, tapi temen aku jg ada kok yg cowo suka koreaan juga.. Sama nih aku juga suka banget sama lagu-lagu BEAST. hehehe :D

    BalasHapus
  21. Ok trims infonya. Sbenernya besok ada rencana ke Myeong Ga jadi maunya nyari info ada tteokpokinya gak haha ketemu blog ini di google. Liat gambar tteokpokinya jadi tergiur hahaha.

    Haha aku pertama kali suka korea dari Dream High (ngefans sama Yoon Baek Hee/Eunjung yg skrng lgi kena kontroversi :(.) Trs ktemu lagunya B2st yang on rainy days jadi ngikutin sampe lagu2 barunya sekarang ahahah.

    BalasHapus
  22. oohh habis googling, terus ketemulah disini? waa untung postinganku bisa membantu ^0^

    ayo-ayo buruan xcoba tteokpokkinyaa :D
    oh iya dream high itu drama bagus banget! iya iya lagi kena kontroversi ya dia ~___~

    waah ngikutin sampe sekarang juga rupanya? bagus-bagus lagunya beast di mini album yang paling baru ini ^0^ hehehehe

    BalasHapus
  23. Wii bru slesai makan di Myeong Ga :D. Pesen bibimbap, jjajangmyeon, dll! Tteokpokki trnyt gratis di Myeong Ga haha.

    Iya kasihan Eunjung :'(. Smoga T-ara bsa lolos dri kontroversi.

    Album baru B2st memang enak2 :D apalagi yg Midnight!

    BalasHapus
  24. Hai Joshua ^0^ waa baru selesai makan Di Myeong Ga ya? gimana nih kesannya? hehehe

    iya seingetku tteokpokki disana termasuk side dish jadi gratis. sayangnya dulu aku ga sadar jadi ga nyobain -__-"
    Waa nyobain jjajangmyeon yah? aku ga bisa makan T_T

    hidup BEAST pokoknya hehehe...

    iyaa berdoa aja buat Eunjung ^0^

    BalasHapus
  25. Halo Kak maaf keterusan nonton Running Man jadi kemaleman berkunjungnya haha. Besok tolong rekomendasiin lagu-lagu kpop yang enak ya kak :).

    BalasHapus
  26. hai-hai~ :D
    waa keasikan nonton RM toh? hehehe
    okok besok kakak kasi rekomen lagu-lagu kpop yang enak ^0^

    BalasHapus
  27. Keasyikan lagi :O. Ntar malem jam 8 aku kesini lagi yah ahahha.

    BalasHapus
  28. oke deee ^0^ kakak tunggu yaa :D

    BalasHapus
  29. AA kelewatan lagi! Maaf2 ada tes soalnya :(. Kak tolong post lagu2 enak lewat comment yah. Ini lagu2 yang menurutku enak :).

    Son Dam Bi - Queen
    2PM - Again&Again, Heartbeat
    Brown Eyed Girls - Abracadabra, You
    B2st - Beautiful, On Rainy Days, Midnight, Fiction, Bad Girl, Mystery, semuanya :).
    GNA - Black and White, Top Girl, Kiss me.
    2ne1 - Go Away, Lonely, I Love You, I Don't Care
    Secret - Madonna, Shy Boy
    Orange Caramel - Magic Girl
    IU - Good Day, Morning Tears, Nagging, Someday, Last Fantasy
    Baby V.O.X - Yayaya
    Kara - Pandora, Way, Wanna, Step, Honey, Mister, Lupin
    T-ara - Roly Poly, Lies, I Go Crazy Because of You, Bo Peep Bo Peep, Lovey Dovey, Time To Love
    Troublemaker - Troublemaker :D

    :) kayaknya pasti tahu lagunya semua ahahha.

    BalasHapus
  30. hai joshua ^^ waa ada test pelajaran apa nih? hehehehe
    ini nih lagu2 favorit kakak:

    super junior: knock out, sorry-sorry, it's you, bonamana, no other, mr. simple, acha, sexy free and single, SPY.
    Beast : semuaaaaa
    EXO : MAMA, What is Love?, History, Angel, Two moons, Machine.
    BTOB: Insane, Irresistible lips, Father, monday to sunday, Imagine.
    B.A.P : Warrior, Power, No Mercy, Crash.
    NU'EST : Face, Action, Not Over You
    C-Clown: SOLO
    PSY : Gangnam Style (Booming banget nih!)
    4minute : Hot issue, muzik, mirror mirror, volume up
    2NE1 : I'm The Best
    Coed : Too Late
    JJ Project: Bounce
    my Name : Message, Hello and Goodbye
    SM The Ballad : Hot times, Miss You
    Sistar: ma boy, So Cool, Alone, Loving You
    hyunah :Change, Bubble BOB
    Block B : Nalina
    SNSD: The Boys, paparazi
    TTS : Twinkle, OMG, goodbye hello
    trax : Let You Go, Blind
    teentop : Clap, supa luv, crazy, to you, don't spray parfume on you, Be ma girl
    UKiss :neverland, Doradora
    BOA : Hurricane Venus, only one, one dream, the shadows
    ailee : heaven

    waaaa banyak bangeeet ><

    oya kalo mau tau tentang rookie grup B.A.P, EXO, BTOB, NU'EST sama C-Clown bisa baca postingan kakak yang rookie grup favorite itu.

    lagu rekomenmu juga ada yg kakak suka kok. hehehe :D

    met cobaaa ^0^

    BalasHapus
  31. Oh iya Ailee Heaven :D. Kmarin baru tes Fisika besok tes Biologi hari senin tes Mat :(.

    Aku sebenernya penasaran sama rookie group soalnya belum ada yang aku dengerin :D. Aku dengerin lagu rekomendasinya dulu.

    BalasHapus
  32. wowww banyak banget test nyaa? :O Semangat! Hwaiting!!

    kalo penasaran sama rookie grup, di postingan terbaru kakak ada, kakak jelasin secara singkat ttg rookie grup favorit kakak yg lagunya aku rekomend ke kamu :D

    sipp met dengerin yaa! sukses buat testnya ^0^ see yaa~

    kakak mau tidur dulu, hahahaah :p

    BalasHapus
  33. leave komen jgn luoa yaak ^0^ hehehe :p

    BalasHapus
  34. Halooo!! Maaf baru comment belajar trs :( tapi juga tetep gak bisa waktu tes mat ahaha xD. Gak papa dah mumpung ada waktu langsung dengerin beberapa lagu.

    Aku paling tertarik BTOB soalnya EXO, BAP, sama NU'EST trlalu kuat musiknya menurutku ahahha.

    Aku mau ikutin BTOB skrng. Gak tau kenapa artis-artis dari Cube lagu2nya bener2 cocok sama aku ahaha B2st (terutama), Gna, BTOB juga. Ntar kalo udah ikutin, aku liat rekomendasi yang lain lagi (C clown, dll) Makasih ya rekomendasinya!

    BalasHapus
  35. Oh ya jangan lupa dengerin lagu T-ara yang baru Sexy Love yah :D.

    BalasHapus
  36. hahaha gimana tesnya? susah kah? semangat terus yaah ^0^
    kakak juga mulai dapet tugas kuliah nih *hiks*

    hahaha yieey itu rookie grup favorit kakak semua. musiknya emang enak banget didenger.. jadi fandom kakak deh akhirnya :p

    ayoo ngikutin BTOB~ denger-denger mereka uda mulai nyiapin next albumnya ^^ semoga ga kalah keren deh hehehe

    sip-sipp semoga ga mengecewakan ya rekomen nya kakak :D

    okok ntar kakak dengerin lagu barunya t-ara hehehe

    BalasHapus
  37. ci next time kogyo nya sutos yuk ~
    aku uda cobain kimchi go gm , cuma topoki yang baik baik sajaaa :(

    BalasHapus
  38. mau tanya, apakah restoran korea tersebut semuanya halal? trimakasih

    BalasHapus
  39. waa kebetulan saya kurang notice masalah lebel halal ada atau tidak. kita semua yang makan optimis dan yakin halal.

    dan yg jelas kita ga lupa nanya itu makanan halal atau ngga.. banyak2 nanya aja intinya. kalo aku sama tmen2 aku sejauh ini ya kayak gitu :)

    BalasHapus
  40. ooh begitu, trimakasih ya :)

    BalasHapus
  41. Halo mba..

    terimakasih reviewnya. well besok hari minggu aku bakal terbang ke surabaya, khusus buat nyobain resto myoung ga ini. eh aku dari kalimantan loh.
    sooo, kali ini bener2 berpetualang.
    kayaknya dari bandara aku bakalan langsung go ke resto ini deh.
    dan berarti bakal bawa2 koper pula, dibolehin masuk resto gak ya..

    BalasHapus
  42. hai jugaa Oka ^0^ makasi uda visit blogku :D
    waah jauh juga dari kalimantan >,<
    semoga ga kecewa dengan kunjunganmu ke surabaya dan juga ke myeong ga :D
    sendirian apa gimana?
    hhmm.. kayaknya sih boleh. coba aja hehehe :p
    met berpetualang dan mencoba yaaa ^0^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai-hai…
      Akhirnya misi ku nyobain Korean cuisine terpenuhi. Hari minggu lalu aku udah ke myoung ga.
      Dannn tas + koper boleh dititipin di kasir. Sooo bisa makan dengan tenang deh. Senangnya....
      Tapi baru nyobain 2 macam makanan, marinated galbi dan bibimbap.
      Itupun dihabisin dengan result “kenyaaaaang banget”.
      Lain kali kalau ke Surabaya mungkin bakal diterusin nyobain makanan yang lain.
      (di resto korea yang lain lagi mungkin ).

      Salam makaaaan. Hap hap

      Hapus
  43. waaaa uda nyobain yaa >< gimana? puas puas? hehehe
    iyaaa berasa kenyang nya kok. side dishnya banyak kan? hehehe

    okok.. semoga suatu saat ketemu ya pas lg nyobain makan di resto korea hahaha :D

    thanks uda berbagi pengalamannya :D

    BalasHapus
  44. Kalau tempat yang jual album2 original kpop di surabaya dimana ya unni?><

    BalasHapus
  45. waa kalau yang jual album kpop original belum adaaa.. semua masi PO di onlineshop2 yg jual album original. kalo di disctara atau toko cd lainnya yg dijual versi non originalnya,,
    hehehe :)

    BalasHapus
  46. wah makasi banyak infonya ngebantu banget chingu :) oiya yoshita km ada twitter nggak?

    BalasHapus
  47. sama-sama nasha ^^
    makasi ya uda visit blog ku :)
    ada kok. @ochitAJ
    follow yaaa :)

    BalasHapus
  48. annyeonghasseyo eonni ^^.
    suka banget ama posingan ini , dan aku pengen banget pergi ke slah satu resto di surabaya dan paling pengen nyobain "bulgogi" :D ..
    gamsahamnida buat infonya.
    oh iya mau nanya nih eonni, di surabaya ada toko yang menjual merchandise kpop star nggak yah ? pengen berburu merchandise EXO nih , *maklum kan EXOtics :) kalo Olshop kan masih butuh ongkir . hehehhe..
    eonni / readers yang tahu mohon comment yah ^^. gamsahamnida

    BalasHapus
  49. waaaa makasi uda visit pagi2 buta gini ~__~
    ayoo coba aja enak koook sedia uang aja hehehe
    cheomaneyo ^^

    waah kalo barang2 atau marchendise gitu kebanyakan masi pada beli di olshop sih. hampir ga ada yg jual gituan di surabaya.. kalo ada pasti lumayan banget.
    jadi sabar dulu aja beli di olshop dulu :p
    atau cari2 olshop yg domisili di surabaya aja hehehe

    thanks for visit ^^ enjoy the other post yaa chingu :D

    BalasHapus
  50. Haloo! Selamat tahun baru yah :D. Udah lama gak kesini ahaha. Aku mau tanya nih, kak Yoshita kalo beli album2 original gitu di OLshop yang mana yah? Kalo bisa ntar2 mau beli juga :). Temenku yang baru dari singapore bilang ada album2 kpop original di situ :(. Di Surabaya gak ada yah :(.

    Ngomong2 udah denger Caffeine belum kak? Enak bgt tuh :D.

    BalasHapus
  51. Haloo Joshua ^0^ lama ga ke blog kakak :p met tahun baru juga yaaa :D
    biasanya sih kakak belinya di olshop Gasoo Galore. cari aja di facebook. Gasoo Galore. Uda terpercaya dan terjamin :D
    iya kalo di singapore ada toko yg jual official. HMV namanya. kalo di Surabaya ga adaa~ yg ada bukan official :(
    jadi terpaksa online deeeh~

    udaaaaah enak bangeeeeeetttt >< keren si yoseob hehehe

    BalasHapus
  52. Ooo Gasoo Galore? Ok ntar aku cek. Wew bener ternyata temenku bilang nama tokonya HMV :). Aku mau titip Fiction and Fact tapi g ada :(. Akhirnya cuman titip Taetiseo ahaha.

    Ia Caffeine enak :D. Udah denger lagunya Dramatic Blue? G seenak Caffeine tapi menurutku :D

    BalasHapus
  53. iyaaaa ato bisa buka disini http://www.gasookpopgalore.com/
    dia buka web sekarang hehehe
    waa sayang banget di HMV ga ada.. cari di HMV lain aja.. kali ada :)

    dapet posternya juga?

    yg dramatic blue juga uda denger. tapi aku lebih suka yang pny dynamic black :p

    BalasHapus
  54. Ooooh ok makasih infonya! Aku rencananya ntar mau beli Fiction dari Gasoo Galore aja ahaha.

    Gak dapet posternya.. Katanya untuk album baru doang.. Tapi setiap album dapet photocard ya? Semoga untuk yang Taetiseo ini dapet photocardnya Taeyeon ahaha. Twinkle lagunya lumayan lho :P.

    Iya enak yang dynamic black :(. Menurutku seharusnya yang blue lagunya lebih sedih2 kyk ballad gitu..

    BalasHapus
  55. coba aja diliat, kali Gasoo Galore buka ready stock :) semoga dapet yaa hehehehe
    tergantung, kalo emang albumnya edisi ada photocard pasti dapet. setauku albumnya taetiseo ada photocardnya kok :) ohh bias taeyon toh? heheh

    dynamic black enak bgt! aa gikwang~ aaaaa LJoe ><

    iyaa soalnya kan isinya main vocal semua hahah

    BalasHapus
  56. Okk makasihh :D. Iya bias Taeyeon :P.

    Seharusnya lagunya black sama blue ditukar aja menurutku hahah. Soalnya yang black lebih sedih2 gitu :P.

    Aku tinggal dulu ya kak makasih lagi infonya! Ntar aku datang lagi :D

    BalasHapus
  57. sama-sama ^0^
    kapan2 dateng lagi yaaaaa~

    BalasHapus
  58. Btw kalau di Myoungga bisa minta sumpit yang dari besi kok. Mereka menyediakannya kalau kita minta, kalau gak diminta, yang dikasih sumpit yang dari kayu yang sudah disediakan dimeja sebelum kita datang. :)

    BalasHapus
  59. Halo kak!! Bagaimana kabarnya??

    Aku udah pesen dari gasoo galore ahahah. Prosesnya susah juga ya.. Makasih ya atas infonya :D. Gasoo galore nyampenya berapa lama ya kira2?

    Kak bisa rekomendasi lagu2 yg baru2 yg enak?? Aku cuman dengerin itu2 aja soalnya :D

    BalasHapus
  60. hai joshua :D
    baik-baik, lagi nunggui nilai kuliah keluar T^T doakan dapet bagus hehehe
    susah? menurutku itu uda lumayan simple malah. hahah pesen yang mana aja??

    rekomen lagu ya?? banyaak~ ntr kakak list yaa heheh :D
    gimana sekolahnya?

    BalasHapus
  61. Maaf kemarin ketiduran :D. Ok smoga dpt bagus ya!
    Hahhaa mungkin soalnya aku baru pertama kali. Aku rada gak ngerti sih maksudnya pengiriman batch reguler dsb jadi gak tau kapan kira2 sampe pesenennya :P. Aku kali ini cuman pesen I Got a Boy cover Taeyeon :D.

    Ok kutunggu ya listnya. Sekarang kelas SMA 3 jadi udah ada bimbel setiap hari :( kecapean berat ahahha.

    BalasHapus
  62. amiin makasi Joshua :D
    waa ditunggu ya album I Got A Boy nyaa,, pasti memuaskan. kan official hehehe

    sabar ya listnya >,< kakak belum sempat ngelist nih. dan jg semangat sekolahnya.
    oiya apa ini fb nya Joshua? >> Joshua Ian Prabowo

    BalasHapus
  63. Hahaha ok2. Kakak udah dengerin lagunya? Rada2 aneh tapi begitu didengerin trus skarang aku gak bisa stop dengerin hahaha.

    Ok2 gpp hahaha. Iya itu FBku :D. Di accept yah friend requestnya :P.

    BalasHapus
  64. udaaaa... pertama denger sih aneh, tapi lama2 enak juga kook :3
    uda aku accept :D

    sabar ya list lagunya >,<

    oiya aku baru bikin posting terbaru ni. Visitors, mampir yaah :D kamsahamnidaaaa
    http://ochitabluemings.blogspot.com/2013/01/my-life-diary-korea-in-surabaya-part-2.html

    BalasHapus
  65. halal-halal semua nih makanannya ?

    BalasHapus
  66. wah infonya bermanfaat banget :)
    kalau pernak-pernik Kpop disurabaya itu dimana ya? aku nyari di google gak ketemu.

    gomawo atas infonya :)

    BalasHapus
  67. Kalau untuk Resto Mu Gung Hwa di Darmo Park udah pindah Chingu mereka sekarang buka di PTC lantai UG E3-01 (sebelah ayam goreng Djakarta)
    Semoga infonya bermanfaat ya

    BalasHapus
  68. mianhae, mau tanya kalau yang jual aksesoris ala korea di Surabaya ada gak ??? Gomawo

    BalasHapus
  69. mianhae, mau tanya kalau yang jual aksesoris ala korea di Surabaya ada gak ??? Gomawo

    BalasHapus
  70. mian baru balas..

    aku kurang tau kalo di surabaya ada atau ngga yg jual aksesoris korea
    sejauh ini aku belinya lewat online, baik barang Korea/replika/goodies/album dll :D

    BalasHapus
  71. Hi salam kenal :)

    Udah cobain Kogyo belum di Sutos, CW, sama Grand City ?
    Rasanya enak loh, harganya sih mid-end gitu
    Aku udh kesana tapi belum aku review di blog aku

    Aku udh review Mu Gung Hwa di PTC sana yang harganya murah meriah
    Tapi cuma 1 review, benernya ada 2 tapi belum sempat upload lagi, masih ngantri... hehe

    Kunjungi blog aku juga ya chingu ^_^

    BalasHapus
  72. Hai Rizki! salam kenal jugaa :D waahh trnyata ada juga cowo yg suka makanan korea :D diliat dari name mu kayaknya suka KPOP juga ya *ya iyalah*

    aku blm ada sempet nyobain kogyo.. temen2 kurang suka aja, katanya rasanya khas orang indo banget hahaha. tiap ajak kesana pada gamau :p

    udah perna cobain apa aja? wah uda perna ge mu gung hwa? gimana menurut km rasanya? aku uda lama ga makan2 korea gtu ><

    oke kapan aku visit blog km. thanks for visit ya chingu ^^

    BalasHapus
  73. annyeong,mau nanya nih
    kalo mau beli kaos kaos kpop itu dmn di srbya ? kaya kaos EXO ,SUJU, dll gitu
    soalnya kalo online ga dibolehin sama mama

    yg tau koment dong
    gomawo

    BalasHapus
  74. waah maaf biasanya aku masih beli online :)

    BalasHapus
  75. Nice blog ^^
    btw, ada yang tahu Salon Korean Style di Surabaya
    Share dong :) gomawo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada,, di daerah Mayjend Sungkono..
      Komplek Darmo Park I.
      Namanya "Cleopatra".
      :)

      Hapus
  76. Hai,, salam kenal...
    Btw itu di Baik Su Restaurant ya?
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga :)
      iya Baik Su itu restoran ^^

      Hapus
    2. Aku 4tahun kerja disana..
      Baru 1bulan ini aku keluar..
      :)

      Hapus
    3. kerja di Baik Su? waa kenapa keluar?

      Hapus
    4. Iya mbak...
      Kerja di Baik Su...
      Aku udah terlalu jenuh sih...
      Ditambah lagi yg hari2 terakhir aku dapat masalah sama temen..
      Itu yg semakin mendorong aku buat keluar..
      :)
      Tadi aku iseng2 aja,, searching foto2 Baik Su di Google...
      Eh,, ketemu sama foto lama Baik Su yg ada di blog-nya mbak ini...
      Hehe...
      Mbak masih sering kesana?
      :)

      Hapus
    5. oohh gitu~~

      uda lama ga kesana si, sekali doang kesana nya hehe
      temen2 pengen coba yang lain ^^

      Hapus
    6. Haha...
      Iya mbak..

      Ohh,, gitu..
      Kirain sering kesana..
      Emang mbak kesananya itu tahun berapa? :)

      Hapus
  77. hellooo... lam kenal...
    saya jg suka smua yang berbau korea... XD
    info nya manteb abis... thanks for the info! ^^

    utk makanan korea cobain di kogyo.. ato kimchi go.. manteb2 koq ^^

    BalasHapus
  78. pertama suka korea jg dari RM... dr RM nonton dl Xman ma FO.. pasti nyambung ceritanya... hahaha^^
    uda donlod smua RM sampe ep 192.. FO jg lengkap ^^

    btw uda pada tau kan? RM bakal ke indonesia bln juni... asian dream cup! ^^

    mau dtg tp kayak nya gak bisa de T_____T

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi uda visit ^^ dan makasi juga referensinya hehe
      iya uda tau kok RM bakal ke indo juni ntar. tapi ga bisa nonton juga niih. ga bole sama ortu kalo nonton2 gtu

      hikks :(

      Hapus
  79. Hi salam kenal...
    makasih buat info resto korea di surabaya
    sebenarnya aq pengen banget nyobain masakan2 korea, apalagi aq hobby wisata kuliner =D
    tapi kl ke resto korea, aq sering was-was halal ga ya?!! cz rata2 resto korea pasti ada pork nya.. bisa kaih info ga resto korea di surabaya yang halal ?

    Kamsamitha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai makasih uda visit~
      Untunk yg halal emang susah si. tp sama temen2 yakin aja asal ga makan yg ada porknya.
      kl yang bener2 no pork ada tuh di GM namanya Kimchi Go. Tp aku kurang sreg sama rasanya hehehe

      Selamay mencoba :D

      Hapus
  80. kalo sam won house gmn? enak ga? barusn buka webnya katanya halal.. tp sptnya ga ada me kedelai hitamnya ;'(

    BalasHapus