Minggu, 27 November 2011

What's new on SI ITS???



Seperti yang anda ketahui, tempat saya berkuliah sekarang, Sistem Informasi ITS adalah sebuah jurusan baru. Pertama kali ada sekitar tahun 2001. Masih banyak yang tidak tahu bagaimana Sistem Informasi ITS itu, dimana letaknya, apa saja yang dipelajari dan bagaimana situasinya sekarang. Usia Sistem Informasi ITS sekarang sudah sekitar 10 tahun, banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi entah itu baik ataupun tidak baik. Pastinya anda ingin mengetahuinya bukan? Semua akan saya kupas pada tulisan saya ini. Ini hanya sekedar opini dan menurut pandangan saya. Jika anda punya pendapat lain, saya mohon maaf.


SI baru saja memecahkan rekor MURI pada 12 November 2011 lalu dengan update status twitter 1.111 account. Acara ini diselenggarakan dalam rangka ISE 2011 dengan puncak ISE Tonight. Sebuah pencapaian ini tidak akan tecipta jika semua panitia dan warga SI tidak ikut berpartisipasi. Berkat kerjasama yang kuat akhirnya SI berhasil memecahkan rekor ini dan saya juga sempat membaca beritanya di Koran Jawa Pos. Sungguh luar biasa

 Sistem Informasi ITS baru saja berganti Kajur, dari bapak Ir. Achmad Holil Noor Ali, M.Kom ke bapak Eng. Febrilyan Samopa. Dengan bergantinya kajur ini, ada beberapa pergantian sistem yang terjadi di SI ini antara lain, mahasiswa semester 3, sudah bisa memasuki lab sekaligus menentukan untuk mengambil lab yang mana (pada awalnya mahasiswa mulai memasuki lab pada saat semester akhir-akhir  atau mendekati pembuatan TA) dan perbaikan fasilitas yang ada di SI seperti perbaikan gazebo, lapangan voli yang seperti Pak Iyan sampaikan pada Open Talk Jumat, 18 November 2011 lalu bahwa akan dirombak dan bisa menjadi lapangan futsal juga serta pengadaan studio musik beserta tempat mixing­-nya. Ini rasanya luar biasa sekali. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tambahan itu, maka disamping kuliah, kami mahasiswa juga bisa mengembangkan bakat atau melakukan kesenangan kita.

Selain adanya perubahan-perubahan di atas rupanya masih ada yang saya rasa masih kurang di SI. Toliet. Entah mengapa selama saya menikmati toilet, lampunya dalam keadaan mati. Saya tidak tahu itu seharusnya bisa menyala atau tidak, karena orang yang mengunakan toilet sebelum saya pu juga tidak menyalakan lampu. Saya berharap keadaan ini bisa diperbaiki agar kamu khususnya anak perempuan dan yang penakut-penakut ini lebih nyaman menggunakan toliet.

Lalu ada musholla. Mushollanya sangat nyamana walaupun kecil. Di sini, kami bisa bertemu dengan mahasiswa jurusan lain-lain juga seperti Teknik Industri dan mahasiswa D3. Namun sayang, terkadang air untuk wudhu di sini pernah mati, saat magrib lebih tepatnya. Sehingga kami terpaksa wudhu di tempat lain, atau memilih sholat di Masjid Manarul karena sekalian pulang dari kuliah. Seharusnya situasi seoerti ini segera diperbaiki. Akan sangat menyusahkan bukan jika waktu sholat ternyata sudah mepet, tapi ternyata air kran tidak keluar?

Saya ke kampus dengan mengendarai motor. Otomatis saya parkir di parkiran motor SI. Tempatnya cukup luas namun, ada beberapa tempat yang saya rasa kurang nyaman. Adanya batu-batu atau paving yang bereserakan di satu bagian. Rasanya membuat saya ogah untuk parkir di bagian itu. Saya berharap bagian itu bisa dibetulkan agar kita bisa lebih nyaman lagi untuk parkir.

Di Jurusan Sitem Informasi ini, terdapat sebuah Laboratorium (selain SPK, E-bis, PPSI) yang banyak digunakan oleh para mahasiswa untuk melakukan matakuliah praktikum. Laboratorium Pemrograman Sistem Informasi atau biasa disebut LPSI. LPSI menyediakan banyak armada komputer yang bisa digunakan untuk praktikum mahasiswa maupun keperluan perkuliahan seperti browsing, downloading, dan percobaan praktikum disamping adanya wi-fi. Ruangannya sangat nyaman dan luas, membuyat kita merasa nyamn untuk mengerjakan tugas disini.

Untuk keadaan Si lainnya seperti ruang kelas, AC, Plasa Garden, Plasa SI, kantin, dan RBSI saya rasa sudah cukupo bagus dan tidak ada maskah didalamnya. Saya berharap tidak akan ada masalah atau mungkin bisa ada peningkatan dari fasilitas-fasilitas itu.

Itu tadi adalah kondisi SI saat ini menurut pandangan saya. Ada yang bersifat baik, ada yang tidak baik. Yang tidak baik, mari kita sama-sama perbaiki sedikit demi sedikit. Sedangkan yang sudah berkembang, mari kita jaga, laksanakan, dan manfaatkan baik-baik agar pembangunan ini tidak dibuat percuma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar