Selasa, 20 Desember 2011

Ayo diINSTALL!!



INSTALL? Apa itu? Pasti banyak yang bertanya-tanya. Apa yang harus diinstall? Software? Hahaha ini bukan seperti install yang biasa kita lakukan untuk memasukkan suatu program ke dalam komputer atau laptop, melainkan Intensive Islamic Teaching and Learning Live tau biasa di singkat INSTALL. Acara ini adalah semacam sebuah pelatihan manajeman diri tapi dalam sisi Islam dan berlangsung selama 2 hari untuk yang laki-laki diadakan acara menginap bersama beserta outbond.. Mau tau seperti apa? Ayo kita simak.

Karena ini adalah sebuah acara yang berbau Islami, jadi otomatis perempuan dan laki-laki harus dipisah. Laki-laki di depan sedangkan yang perempuan ada dibelakang seperti saat kita shalat. Pertama-tama acara dibuka oleh sambutan-sambutan dari beberapa panitia seperti ketua JMMI ITS dan ketua KISI. Setelah itu kami menerima berbagai macam materi yang dibawakan oleh pembicara yang ahli-ahli seperti tentang “Agama Islam”, “Menjadi Muslim Prestatif”, “Management Waktu”, “Akhlak dan Pergaulan dalam Islam” untuk hari pertama, dan tentang “Al-Ilmu” dihari kedua. Materi dibawakan cukup menarik namun sedikit membuat peserta mengantuk.
Sungguh disayangkan melihat faktanya bahwa yang mengikuti acara ini hanya segilintir orang. Meskipun sedikit bosan dan mengantuk saat penyampaian materi, tetapi materi-materi yang diberikan itu sangat berguna bagi kita dikemudian hari dan menambah pengetahuan kita tentang ilmu Agama. Cukup menyenangkan juga mengikuti materi-materi dan games yang disiapkan panitia. 

Bagi para akhwat, pukul 17.30 sudah dipulangkan.Sedangakan untuk yang ikhwan di minta untuk menginap di amsjid Manarul. Sebelumnya mereka diperbolehkan untuk pulang dan mempersiapkan perlengkapan menginap. Sesampainya di Manarul, mereka melanjutkan materi dan serangkaian acara sampai besok pagi.

Esok harinya, para ikhwan sudah berkumpul untuk outbond yang entah jam berapa dimulainya. Para akhwat baru berkumpul jam 08.00 untuk mengikuti tutorial Alpro. Inilah nilai plus yang diberikan di acara INSTALL ini. Sedangkan ikhwannya setelah menyelesaikan outbond, juga mendapatkan tutorial serupa yang diberikan di tempat lain yang entah dimana. Di hari kedua ini, sepertinya pesertanya cukup bertambah. Alhamdulillah jadi sedikit ramai.

Selesai dengan tutorial alpro, dilanjutkan dengan materi tambahan dan ishoma. Setelah itu kami kembali ke kelas untuk penutupan. Di sini kami diminta mengisi sebuah angket dan biodata. Lalu panitia memutar foto-foto kami selama INSTALL. Berbagai macam kebersamaan terekam disini. Panitia juga memberikan apresiasi pada peserta teraktif ikhwan maupun akhwat. Sekitar pukul 13.00 INSTALL 2011 resmi berakhir.

Acara ini sebenarnya cukup bagus dan berguna bagi kita dalam rangka mempelajari ilmu Agama. Namun saya berharap acara ini bisa dikemas lebih menarik dan wow lagi agara peminat dan pesertanya juga semakin banyak. Salam INSTALL!


Credit foto : fb mentoring

Tidak ada komentar:

Posting Komentar