Selasa, 20 Desember 2011

PKTI, Kesempatan Untuk Belajar Menulis Karya Tulis Ilmiah



Hari Sabtu tanggal 19 November 2011 pukul 07.00, kami, Mahasiswa baru 2011 Sitem Informasi sudah berkumpul untuk mengikuti acara Pelatihan Kaya Tulis Ilmiah (PKTI), yang di gelar Di kampus ITS jurusan Sistem Informasi. Acara ini digelar dalam rangka persiapan PIMNAS kategori PKM-GT. Dengan dress code Batik dan bawahan gelap, kami siap mengikuti pelatihan ini.


Dibuka oleh mas Adhika dengan partnernya, pembukaan berlangsung culup meriah dengan candaan yang dilontarkan oleh mas Adhika. Acara dilanjutkan dengan materi yang diberi oleh mas Ferdy yang bertemakan “Menggagas Mimpi Menjadi Nyata” dan “Enterpreneurship”. Mas Fredy juga menyampaikan cerita tentang perjalan dirinya hingga menjadi orang sukses seperti sekarang. Materi berlangsung sangat menyenangkan, menarik dan membuat kita termotivasi untuk terus berusaha dan terus menggali ide-ide unik dalam pikiran kita.

Materi selanjutnya dibawakan oleh mba Ika dan mas Hanim. Mereka menyampaikan materi tentang sistematika PKM-GT dan Materi tentang Mahasiswa Berprestasi (Mawapres). Kami diberi penjelasan tentang format penulisan proposal PKM-GT secara umum serta penjelasan tentang Mawapres seperti apa saja y6ang harus dipersiapkan, kriteria pemilihan, prosesnya dan siapa saja Mawapres di tahun-tahun yang lalu. Sesi ini berlangsung menarik dan baik. Setelah materi tersebut selesai, kami istirahat untuk shalat dan makan siang.

Setelah selesai ishoma, kami dipisahkan dibeberapa kelas agar materi yang disampaikan lebih fokus lagi. Di kelas saya, materi dilanjutkan oleh mbak Volare tentang “penggalian ide”. Di sini kami dijelaskan bagaimana ide itu muncul. Setelah itu, kami diberi tugas untuk membuat Mind Map tentang ide yang sudah kita persiapkan diawal. Kami dikumpulkan di kelas besar lagi, mempresentasikan mind map bagi mereka yang ingin, pemberian tugas dan PKTI hari itu berakhir.

PKTI hari kedua dimulai sekitar 7.30 di kelas-kelas yang kemarin sudah di tentukan. Materi di kelas saya berada disampaikan oleh salah satu mahasiswa dari teknik kelautan (maaf, saya lupa namanya). Kami mendapat pengetahuan bagaimana menuliskan pendahulan dari sebuah karya tulis ilmiah (PKM-GT), mulai dari latar belakang, rumusan, masalah, tujuan dan manfaat. Lalu dilanjutkan pula materi tentang isi dari sebuah karya tulis ilmiah (PKM-GT). Setelah itu kami diberi tugas, mencoba untuk membuat pendahuluan dari ide yang sudah kita milik.



  Materi pagi itu dilanjutkan oleh mas Adhika tentang menyusun penutupan yang isinya kesimpulan, saran, literatur, lampiran dan cara penulisannya. Materi berlangsung menarik dengan candaan yang dilontarkan mas Adhika, santai namun kita bisa mendapat pengetahuan baru disana. Sesi ini diakhiri dengan tugas menyusun penutupan dan pengumpulan tugas rumah dan dilanjutkan dengan ishoma.

Setelah ishoma berakhir, materi dilanjutkan kembali di kelas masing-masing. Kelas saya di isi oleh mbak Grandys dengan tema “Teknik Berpresentasi”. Mbak Grandys menjelaskan bagaimana cara berpresentasi yang baik dan benar. Ia juga memberi kami contoh sebuah video berpresentasi yang baik dan benar. Ternyata ada kiat-kiat khusus yang dibutuhkan sebelum presentasi. Sesi ini sangat berguna sekali karena keseharian kita selalu dikelilingi dengan berbagai macam presentasi. Setelah materi selesai disampaikan, kami ditugaskan untuk membuat Power Ponit untuk presentasi PKM-GT kita. Sesi ini diakhiri dengan presentasi beberapa kelompok.


Sesi terkahir adalah penutupan. Saat itu, panitia memanggil beberapa orang tanpa alasan yang jelas. Tiba-tiba mereka diminta untuk menirukan dance dari SNSD Gee yang videonya ditayangkan oleh panitia. Tak mau kalah, beberapa anak yang dipanggil tadi meminta beberapa panitia untuk ikut menari juga. Menarilah mas Andhika bersama partnernya. Setelah itu dilanjutkan dengan pembagian award-award, pemberitahuan deadline-deadline untuk PKM-GT, pembagian kakak pembina untuk masing-masing kelompok, dan dengan berakhirnya serangkaian acara itu, berakhir pula-lah PKTI 2011. Acara dua hari itu sangat menyenangkan. Saya mendapat pengetahuan baru dan tentunya berguna bagi saya kemudian hari. Apalagi dengan pemateri yang berpengalaman, berbagai macam fasilitas yang diberikan, panitia-panitia yang menarik serta games-games yang diberikan di sela-sela materi. Acara yang berlangsung sampai pukul 15.30 jadi tidak terasa lama. Terima kasih kepada para panitia sudah mengadakan acara PKTI yang dibungkus dengan menarik. Semoga kedepannya, acara ini bisa lebih menarik lagi...





credit gambar : google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar